Oct 17, 2015

Hollandse Boterkoek - Dutch Style Butrercake Yang Disebut Lekker Holland Di Indonesia

Kalau yang ini pasti sudah banyak yang nyoba bikin ya karena saya perhatikan banyak sekali yang posting kudapan ini di berbagai grup bertema kuliner, tapi diberi nama berbeda (setiap ada yang posting pasti ini disebut resep lekker Holland). Sebenarnya, nama kudapan ini adalah Hollandse Boterkoek/ Nederlandse Boterkoek alias  Dutch Buttercake, saya tambahkan met kaas (artinya pakai keju) karena dalam adonan dan toppingnya pakai keju. Kalau Anda bikinnya tanpa keju, jangan ditambahkan met kaas di judulnya ya, jadi ngga nyambung hehe.

Teksturnya antara cake & cookies, ada sensasi renyah di luar tapi crumbly dan lembut di bagian dalamnya, maka di blog saya kudapan ini sengaja masuk dalan kategori bars, bukan cake. Wanginya enak karena saya pakai Dutch butter. Rasanya? Menurut saya sih seperti makan nastar keju dalam bentuk bars lah.

Nah... sekarang 
Anda sudah ada bayangan kan, bagaimana tekstur dan rasa kudapan ini dan sudah tahu nama aslinya juga. Siapatau Anda berjodoh dengan seseorang dari negeri kincir angin, tidak akan malu karena salah sebut nama kudapan ini di depan camer deh haha.

Psssstt... Lucunya, ini kan kudapan dari Belanda, tapi saya dapat resepnya dari webpage berbahasa Jerman. Kalau mau mengikuti takaran sesuai sumber resepnya, silahkan klik saja link yang saya cantumkan, tapi kalau pusing duluan karena ngga ngerti bahasa Jerman, silahkan coba resep yang saya posting dibawah ini saja dengan takaran yang sudah saya sesuaikan.



Hollandse Boterkoek Met Kaas
à la Recipesbyrina
diadaptasi dari Lecker DE

Bahan-bahan:
  • ⅔ cup (130gr) gula pasir
  • 150 gr Dutch butter (or any kind of butter lah ya)
  • 3  sdm keju cheddar parut
  • 1 butir telur
  • 2 cups (280gr) terigu serba guna
  • vanilla & garam secukupnya
Coating:
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Keju cheddar parut sesuai selera
Cara membuat:
  1. Mixer mentega & gula sampai kental dan pucat
  2. Masukkan telur & cheddar parut, mixer rata
  3. Masukkan terigu, vanilla, & garam secara bertahap, mixer speed rendah.
  4. Keruk dengan spatula ke loyang bersemir anti lengket (loyang 22), ratakan.
  5. Oles permukaannya dengan kocokan telur (terserah mau telur utuh atau kuningnya saja, kalau pakai kuningnya saja yaaa warnanya lebih gonjreng).  Taburi keju cheddar parut merata di permukaan.
  6. Panggang di 180°C (350°F) - 15 menit
  7. Potong-potong saat hangat
Mudah ya... Yuk rebake :)

Notes:
  1. Kalau tak ada Dutch butter, pakai any kind of butter available, pokoknya butter alias mentega.  Ehhh bahkan kalau kepepet, silahkan pakai margarin.
  2. Takaran gula silahkan ditambah atau dikurangi sendiri sesuai selera.

5 comments:

  1. Maaf mba rina, saya mau tanya ya. Ini mixer mentega dan gula sampai putih kental seperti klu kita bikin buttercake biasa itu kah mba?...

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Mba rina, mau tanya. Tiap pake ukuran measuring cup, mba rina pake ukuran peres atau munjung? Makasih

    ReplyDelete

Have you got any question(s) related to the recipe above? Don't hesitate to shoot it here! [Comments are moderated to keep this blog spam and troll free]