Mar 5, 2016

Crunchy Cubes: Bikin "Chiki" Dari Roti

Biasanya kan kita sengaja stock roti tawar untuk sarapan, entah itu roti bikinan sendiri maupun beli dari toko, tapi ada masa-masanya kita bosan atau mungkin keluarga kita yang bosan sehingga ada saja sisa roti baik roti tawar maupun roti manis yang terbuang (sayang banget kan...).  Nah, kalau ada sisa roti tawar atau roti manis dan tidak ada yang melirik lagi, daripada kadaluarsa dan terbuang percuma, lebih baik dibuat jadi cemilan renyah mirip "chiki" seperti ini, dijamin bakalan laris lagi deh tuh si roti yang terlupakan dan terabaikan, halahh bahasanya.

Dengan hanya bermodalkan niat, roti, wajan, dan bahan tambahan sebagai perasa sesuai selera, kita sudah bisa menciptakan cemilan baru dari roti tersebut. Awww yishh, resep kali ini ngga pake acara kukus-kukusan atau oven-ovenan segala, cuma pakai wajan aja, so... ngga ada alasan untuk ngga coba bikin cemilan ini.




print recipe
Crunchy Cubes (Chiki Dari Roti)
Ingredients
  • Sad unwanted bread crying on your pantry or dining table   Roti tawar atau roti manis yang sudah tidak dilirik oleh orang rumah
  • Sweetened chocolate powder   Bubuk cokelat manis seperti milo atau ovaltine
  • Savory or spicy powder like french fries seasoning   Bubuk gurih seperti bumbu taburan french fries
Instructions
1. Cube/dice the bread
Potong dadu roti
2. Pan-roast the bread until crunchy
Sanggrai di wajan sampai kering (tanpa minyak/margarin sedikitpun ya, namanya juga disanggrai)
3. Put the roasted breads in a ziplock bag or a container with lid
masukkan ke ziplock bag atau wadah yang ada tutupnya
4. Add the flavoring powder/ seasoning, shake well and enjoy!
Taburi bubuk cokelat manis seperti milo/ovaltine (bisa juga pakai bumbu french fries), guncang beberapa kali wadahnya. Tadaaaa.... jadi deh!
Details
Prep time: Cook time: Total time: Yield: A lot of crunchy cubes


Super duper easy kan ya... enak lho ini dicemilin sambil nonton TV atau kalau mau disajikan seperti sereal juga bisa lho, crunchynya memang mirip sereal. Kalau ada yang penasaran, nanti benyek ngga kalau kena susu, lhaa iya lah pasti benyek, namanya kena basah, sereal juga begitu kan kalau kena susu.

0 replies:

Post a Comment

Have you got any question(s) related to the recipe above? Don't hesitate to shoot it here! [Comments are moderated to keep this blog spam and troll free]