Mar 7, 2016

Measuring Cups

Untuk yang masih saja bertanya "mbak pakai cup apa?", "cupnya kaya gimana ya?", "nakarnya pakai gelas apa?", "pakai cup magicom bisa?", "1 cup berapa gram?", simak penjelasan saya berikut ini.

Saya tidak pakai gelas saat menakar bahan-bahan, yang saya maksudkan dengan cup saat saya posting adalah measuring cups untuk baking seperti ini. Cups yang saya pakai ukuran standard USA ya, ada juga cups ukuran Australia tapi saya tidak akan membahasnya karena saya tidak pakai cups tersebut. Cups ini berbeda dengan cup magicom, kalau tidak salah cup magicom volumenya hanya 200ml, sedangkan measuring cup untuk baking 1 cupnya bervolume 240ml.

Takaran cups merupakan takaran volume, bukan berat. Baik bahan padat maupun cair, yang ditakar oleh cup adalah volumenya. Di measuring cups tertera ukuran milliliter, itu untuk menakar bahan cair.







Takaran cups adalah sebagai berikut:
  • 1 cup = 240ml
  • 1/2 cup = 120ml
  • 1/3 cup = 80ml
  • 1/4 cup = 60ml
Jika Anda tanya berapa beratnya, setiap bahan punya massa jenis berbeda (ingat pelajaran fisika dasar??). Sama-sama terigu bisa jadi beratnya berbeda walaupun sama-sama bervolume 1 cup. Sama-sama gula tapi beda wujud fisik juga berbeda beratnya meskipun sama-sama bervolume 1 cup.

Bingung?? Saya kasih contoh deh...

Misalnya begini:

  • 1 cup terigu produk Indonesia beratnya 140gr, sedangkan 1 cup terigu produk Amerika beratnya sekitar 120gr
  • 1 cup gula pasir beratnya sekitar 200-225gr, sedangkan 1 cup gula halus beratnya sekitar 110gr

Paham ya sampai disini?

Kalau mau tau daftar lengkap berat bahan baku yang diukur pakai cups, silahkan cari sendiri ya. Kalau Anda tanya saya, "1 cup chocochips berapa gram?", kemungkinan besar saya jawab tidak tahu karena saya tidak pernah menimbang chocochips, langsung saya masukkan ke measuring cups saja.

Kalau ada yang penasaran, lebih baik menakar pakai timbangan atau measuring cups, jawabannya pakai timbangan, timbangan digital mengukur berat bahan lebih akurat. Alasan saya pakai measuring cups untuk kepraktisannya & lebih hemat waktu, tapi kadang saya pakai timbangan juga ko untuk bahan tertentu yang memang butuh ditimbang.


0 replies:

Post a Comment

Have you got any question(s) related to the recipe above? Don't hesitate to shoot it here! [Comments are moderated to keep this blog spam and troll free]