May 10, 2015

Kue Apem Gurih

Saya paling suka jajanan pasar (kue-kue tradisional) dan saya tularkan hal ini ke pasangan saya yang berasal dari negara lain. Senang sekali saat kami berdua bisa jajan aneka kudapan sederhana itu saat kami berada di Indonesia. Bagi saya, aneka snack tradisional Indonesia itu rasanya istimewa meskipun bahan-bahannya sangat sederhana.

apem gurih yang empuk tapi ada sensasi kenyal juga

Salah satu kudapan tradisional yang saya suka adalah kue apam atau kue apem. Bikinnya gampang, tinggal aduk & kukus. Tahun kemarin pernah coba bikin, resep kue apemnya mirip dengan yang saya posting ini, rasanyapun gurih dan enak tapi hasilnya agak padat. Nahhh dengan resep kue apem yang baru ini hasilnya lebih empuk & kenyal.  

Kue Apem Gurih
by Rina Laurence
Bahan:
  • 1 1/2 C (160gr) tepung beras
  • 1/2 C (60gr) terigu serba guna
  • 1/2 C (110gr) gula pasir
  • 1 sdt ragi instant
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 C (120ml) santan instant
  • 2/3 C (160ml) air hangat
Cara membuat:
  1. Campur santan, air, & garam. Aduk rata
  2. Campur semua bahan kering, tuang santan, aduk rata.
  3. Diamkan tertutup cling wrap minimal 45 menit sampai berbusa dan adonan naik. Kemudian aduk sebentar, beri pasta/warna jika suka.
  4. Tuang ke cetakan yang sudah diolesi minyak. Kukus di api sedang cenderung besar selama 20 menit
Jadi 15 apam sedang atau 24 apam kecil (sesuaikan saja cetakannya)

0 replies:

Post a Comment

Have you got any question(s) related to the recipe above? Don't hesitate to shoot it here! [Comments are moderated to keep this blog spam and troll free]